Tutorial Menggunakan Whatsapp Web Lengkap - Opini Sandi

Tutorial Menggunakan Whatsapp Web Lengkap

Di era digital saat ini, komunikasi telah jadi keperluan pokok untuk tiap orang di muka bumi. Ilustrasi nyata dari kejadian ini yakni nyaris seluruh orang mempunyai hp untuk mendukung kehidupan mereka, baik untuk berbicara dengan keluarga ataupun melakukan pekerjaan kantor.

Perihal ini berefek pada aplikasi chat yang banyak dipakai oleh masyarakat di bumi, salah satunya Whatsapp. Mau tahu tutorial menggunakan whatsapp lengkap, simak artikel ini ya !

Ketika ada suatu pertanyaan  "salah satu aplikasi chatting yang saat ini banyak diunduh dan sangat mudah digunakan?" Tentu mayoritas orang hendak jawab WhatsApp ataupun WA.

WhatsApp sendiri yaitu salah satu aplikasi sosial yang dipakai buat berinteraksi dengan orang lain secara online. Apalagi dikala ini WA sendiri tidak cuma semata- mata menjadi sarana sosial yang cuma bisa dipakai di smartphone. Whatsapp sekarang ini juga bisa diakses dalam bentuk aplikasi website yang bernama whatsapp web.

Aplikasi ini membolehkan kalian untuk mengakses Whatsapp di Komputer atau Laptop. Selanjutnya inilah data komplit tentang Whatsapp Web. Berikut Persyaratan penggunaan Whatsapp Web.

1. HP yang digunakan

HP yang digunakan untuk Whatsapp adalah berbasis Android, iPhone 8.1+, Windows Phone 8.0, Nokia S40 EVO, BlackBerry,dan juga BlackBerry10.

2. Menggunakan No Kartu (SIM) yang aktif

Walaupun sebenarnya kartu yang sudah expired masa berlakunya masih bisa digunakan untuk menggunakan Whatsapp, namun jangka waktunya tidak pasti karena tergantung pada operator yang akan melakukan pemutihan kartu SIM yang sudah expired. Dan ini juga akan menjadi penghambat ketika mengakses Whatsapp web yang akan kita gunakan.

3. Bisa mengakses internet yang memiliki jaringan yang stabil

Karena whatsapp merupakan aplikasi berbasis online maka dalam penggunaannya harus terkoneksi dengan jaringan internet yang stabil. Sehingga kita akan merasa nyaman dalam penggunaannya nanti sepeti, mengirim foto, video, dll.

4. Gunakan versi browser terupdate

Ini adalah permasalahan yang klasik karena kadang kita lupa untuk mengupdate software browser yang kita gunakan di PC atau Laptop. Untuk jenis browser yang digunakan adalah Firefox, Opera, Safari, Chrome, atau juga Edge.

Aplikasi jejaring sosial yang satu ini cukup populer dan masih menjadi favorit sejak dulu hingga sekarang. Dengan menggunakan nomor telepon, pengguna dapat berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain.

Pada penjelasan kali ini, kita akan membahas cara menggunakan whatsapp web dengan menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi

Menggunakan Whatsapp Web dengan Menggunakan Aplikasi 


Langkah pertama adalah menginstal aplikasi

Berikut Cara download dan Install whatsapp di Windows 8 dan Windows 10



Jangan lupa untuk mengatur sistem operasi yang Anda miliki dengan aplikasi Whatsapp yang akan Anda instal / unduh, untuk Windows 8 dan versi yang lebih baru, Anda dapat mengunduhnya disini.



Oiya bahkan jika disitus tertulis hanya mendukung Windows 8 dan versi yang lebih tinggi. Tetapi jika Anda mencoba untuk menginstal versi tersebut menggunakan Windows 7 tidak masalah, karena  WhatsApp web bisa digunakan juga.

Jika file yang diunduh masih berupa file zip, Anda dapat mengekstraknya menggunakan Winrar terlebih dahulu. Tetapi jika Anda mengunduh melalui web resmi WhatsApp, file yang Anda unduh sudah menjadi file .exe. Anda hanya perlu menginstalnya.

Jika sudah diinstal, aplikasi  WhatsApp web yang Anda instal akan secara otomatis menampilkan QR Code. Anda dapat memindai menggunakan aplikasi Whatsapp di ponsel atau smartphone Anda dengan mengklik 3 titik di sudut kanan atas, lalu memilih WhatsApp Web. Setelah itu, pindai kode batang di Whatsapp Web, maka Anda akan masuk ke  WhatsApp web secara otomatis.

Mac OSX 10.9 dan Versi Atasnya

Cara menginstal Whatsapp Web di Mac OSX 10.9 dapat dikatakan persis sama dengan cara menginstal WhatsApp Web di Windows.

Pertama buka aplikasi browser yang Anda miliki di komputer / PC Anda. Jangan lupa untuk menyesuaikan OS yang Anda miliki dengan aplikasi Whatsapp yang akan diinstal. Untuk menyederhanakan instalasi dan mendapatkan file .zip, Anda dapat menginstal aplikasi Whatsapp melalui Appstore. Setelah file berhasil diunduh, Anda dapat membuka file dan menjalankan aplikasi.

Nantinya aplikasi akan meminta Anda untuk menambahkannya ke folder aplikasi dan juga desktop doc. Proses instalasi ini akan berlangsung secara singkat.

Menggunakan Whatsapp Web dengan Menggunakan Aplikasi

Setelah semua proses instalasi selesai, Anda dapat membuka aplikasi Whatsapp dan memindai QR Code menggunakan smartphone, iphone, atau ponsel yang Anda miliki. Jika telah dipindai, aplikasi whatsapp web akan secara otomatis masuk dan menampilkan tab obrolan.

Menggunakan Whatsapp Web dengan Menggunakan Aplikasi


Menggunakan Whatsapp Web Tanpa Aplikasi

Jika sistem operasi Anda tidak didukung untuk cara pertama (menggunakan aplikasi), Anda juga dapat mengakses web whatsapp tanpa aplikasi, yang cukup dengan browser favorit Anda. Untuk cara mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Kunjungi situs web.whatsapp.com terlebih dahulu. Disana Anda akan melihat kode barcode yang harus Anda pindai / pindai terlebih dahulu. Buka aplikasi Whatsapp di ponsel cerdas Anda dan lalu pilih Opsi (dalam bentuk triple point) lalu pilih Whatsapp Web. Kemudian arahkan kamera ke Barcode untuk memindai dan menghubungkan. Secara otomatis Whatsapp Web akan segera masuk sesuai dengan tampilan Whatsapp Anda saat ini dan Anda dapat menggunakan whatsapp untuk mengobrol, menelepon, dll.



Nah, itu tutorial tentang Cara Menggunakan WhatsApp Web dengan dan tanpa aplikasi. Langkah berikutnya adalah cara menggunakan whatsapp web dengan mudah .

Cara Menggunakan Whatsapp Web  dengan Mudah 


Sebelum kita membahas tentang langkah-langkah untuk menggunakan Whatsapp Web, pastikan Anda terlebih dahulu harus terhubung ke internet di komputer/laptop atau ponsel Anda.

Di sini kami menyarankan Anda hanya menghubungkan Whatsapp Web ke komputer / laptop pribadi Anda hanya untuk melindungi keamanan dan privasi Anda.

Selain itu, jangan lupa terus memperbarui Whatsapp di ponsel Anda karena versi Web dapat diperbarui secara otomatis. Segera, langkah-langkah untuk menggunakan Whatsapp Web (WA Web) adalah sebagai berikut:

1. Obrolan atau Chatting

Metode ini sangat mudah, metode ini sama dengan di mana Anda menggunakan Whatsapp di ponsel cerdas Anda. Cari nama teman yang ingin Anda ajak ngobrol atau kirim pesan di bagian pencarian.
Anda tinggal mengklik kontak yang ingin Anda ajak ngobrol, nanti di sisi kiri aplikasi Web Whatsapp akan muncul jendela obrolan. Anda hanya perlu mengobrol sesuka Anda.

2. Rekaman Suara atau Voice Recorder

Untuk melakukan perekaman suara, pastikan Anda telah menyiapkan semua peralatan pendukung untuk merekam suara. Alat yang Anda butuhkan adalah Mikrofon, yang akan digunakan untuk merekam suara Anda. Di Whatsapp, akan ada tombol atau pilihan dengan rekaman suara beranak di sudut kanan bawah. Pilih tombol, lalu nanti Anda dapat merekam suara Anda.

3. Kirim Photo. Video, dan Media lainnya

Klik pada pilihan teman yang tersedia pada opsi ini di bagian atas dengan bentuk titik. Nantinya tombol akan membantu Anda mengirim media yang Anda inginkan, seperti video, gambar, dokumen, atau kontak.

4. Lihat Status Whatsapp (Whatsapp Story)

Status Whatsapp saat ini bisa dalam bentuk video atau gambar, Anda masih bisa melihat status teman-teman Anda saat menggunakan Whatsapp seperti biasa. Untuk membuat status Whatsapp di komputer Anda, Anda belum bisa karena memang Whatsapp yang memiliki keterbatasan untuk memperbarui status. Anda masih dapat memperbarui status Whatsapp Anda menggunakan ponsel atau smartphone yang Anda miliki.

Berbagai Pertanyaan tentang Whatsapp Web

1. Apa yang bisa Whatsapp web tanpa memindai barcode?

Ya, Anda dapat menggunakan Whatsapp tanpa memindai barcode

Metodenya adalah:
Untuk dapat mengakses halaman web Whatsapp, Anda harus mengunjungi situs web Whatsapp resmi sendiri. Sebelum Anda diminta untuk memindai kode batang, pastikan Anda telah memeriksa kata-kata "biarkan saya tetap masuk atau tetap masuk".

Nanti opsi ini akan muncul ketika Anda memasuki halaman Whatsapp itu sendiri. Buka aplikasi Whatsapp yang sudah tersedia di ponsel atau ponsel cerdas Anda, lalu pindai kode QR yang muncul di layar komputer atau PC Anda. Lakukan pemindaian barcode dengan benar.

Coba lakukan dengan cepat, ini karena kode QR yang muncul akan berubah dengan cepat. Pastikan untuk memindai dengan benar.

Setelah pemindaian berhasil dilakukan, nanti Anda akan melihat tampilan Whatsapp di laptop atau komputer Anda, Anda akan menampilkan tampilan yang persis sama dengan ponsel atau smartphone Anda.

Untuk menjaga keamanan Whatsapp Anda, selalu ingat untuk logout di aplikasi Whatsapp yang Anda miliki. Anda dapat melakukan ini dengan menggunakan aplikasi Whatsapp di ponsel Anda.
Setelah Anda berhasil keluar, Anda bebas untuk masuk kembali.

Ini tentu saja akan menjaga kerahasiaan Whatsapp yang Anda miliki, sehingga orang tidak menggunakannya secara tidak bertanggung jawab.

2. Dapatkah saya masuk ke web Whatsapp dengan nomor ponsel saya?

Tidak, ini karena Anda hanya dapat masuk ke Whatsapp dengan memindai kode QR. Lakukan login Whatsapp dengan memindai kode QR menggunakan ponsel atau ponsel cerdas Anda.

3. Apakah ada cara untuk panggilan video web Whatsapp

Memang, salah satu batasan dalam menggunakan Whatsapp adalah tidak tersedianya fitur untuk melakukan panggilan video. Namun, Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan bantuan tambahan bernama Android Emulator Bluestacks. Aplikasi tambahan yang akan membantu dan mendukung semua jenis aplikasi dan game.

Dalam hal ini, Bluestacks sendiri memiliki antarmuka kecil yang tidak akan memberi Anda perangkat yang rusak saat melakukan panggilan video menggunakan Whatsapp.

Metode ini tentu aman digunakan, dan membantu Anda melakukan panggilan video menggunakan web Whatsapp di komputer / PC Anda. Begini caranya:

  • Langkah pertama untuk melakukan panggilan video di Whatsapp adalah menginstal Bluestacks. Anda dapat dengan mudah menemukan Bluestacks karena sudah banyak digunakan untuk berbagai keperluan.
  • Setelah Anda selesai menginstal, pilih metode apa yang akan digunakan untuk menginstal Whatsapp untuk komputer atau PC Anda. Satu pilihan, Anda dapat memilih untuk menginstal Whatsapp menggunakan Playstore dengan mudah di Bluestacks yang sebelumnya diinstal.
  • Konfigurasikan Bluestacks dan ingin menginstal menggunakan Playstore.
  • Tekan atau pilih tombol pencarian, di mana Anda dapat menemukan fitur panggilan video Whatsapp, lalu instal atau unduh.
  • Tetapi Anda dapat memilih metode lain untuk menginstal panggilan video Whatsapp menggunakan Bluestacks. Nanti setelah berhasil diinstal, aplikasi Whatsapp yang Anda miliki akan segera muncul di semua tab atau layar beranda komputer atau PC Anda.
  • Cobalah menemukan ikon Whatsapp, lalu klik dua kali untuk mulai mencoba panggilan video menggunakan Whatsapp.

Itulah beberapa tips dan cara menggunakan Whatsapp dengan mudah. Anda sudah dapat menggunakan Whatsapp tanpa menggunakan ponsel yang Anda miliki. Ada banyak cara mudah dan tidak dikenal bagi sebagian orang, bahwa menggunakan Whatsapp itu sendiri dapat memfasilitasi aktivitas seseorang. Caranya gampang kan? Semoga berhasil!



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel