Cara Mendownload Google Maps secara Offline - Opini Sandi

Cara Mendownload Google Maps secara Offline - Opini Sandi


Hi Sobat Opinians,
Pasti sekarang ini kamu sudah tidak asing lagi ya dengan google maps. Iya google maps merupakan aplikasi berupa peta realtime perjalanan yang membantu kita untuk menuju satu tempat ke tempat tujuan kita. Dewasa ini di Indonesia aplikasi ini digunakan oleh penyedia Jasa Ojek Online seperti Grab dan Gojek untuk menjemput dan mengantarkan penumpangnya.

Setahu kita Google Maps ini hanya bisa diakses secara online saja menggunakan paket data dari Handphone kita, ternyata tidak juga. Ternyata pihak google menyediakan layanan agar peta yang terdapat di aplikasi ini agar memudahkan bila anda sedang menuju ketempat yang memiliki sinyal jaringan seluler yang tidak terlalu baik. Berikut kami sajikan caranya

Aktifkan Layanan Lokasi

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengaktifkan layanan lokasi, caranya anda tinggal swipe hp utama anda dari atas ke bawah, nanti muncul berbagai menu pilih lokasi atau cara lainnya masuk ke bagian pengaturan handphone anda dan cari menu lokasi lalu aktifkan. Untuk lebih jelas bisa dilihat gambar dibawah ya.

Selanjutnya pastikan Google Maps juga memiliki akses untuk lokasi, caranya masuk ke pengaturan atau setelan tergantung hp yang anda gunakan lalu pilih aplikasi pilih google maps pilih izin lalu pilih lokasi dan aktifkan layanan lokasinya

Jika Anda pengguna system operasi IOS langsung saja masuk menu privacy, lalu pilih layanan lokasi, lalu hidupkan, selanjutnya pilih Google Maps dan aktifkan.

Aktifkan Data Seluler atau Wifi yang Akan Digunakan

Langkah berikutnya adalah silakan anda masuk ke aplikasi Google Maps atau Maps, lalu bukan menu samping selanjutnya pilih peta offline. Bila Anda sudah menentukan titik perjalanan anda dan menamainya anda tinggal mengunduhnya. Saran kami pakailah jaringan wifi agar anda hemat kuota. Bila anda pengguna iphone atau system operasi IOS lainnya langkahnya hampir sama.

Donwload atau Unduh Rute Perjalanan yang Anda Inginkan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika anda sudah memiliki rute perjalanan yang anda telah siapkan sebelumnya anda tinggal unduh saja dan bila anda ingin menentukan rute baru anda cukup mengatur dan memilih rute mana yang ingin anda unduh.

BACA JUGA :

Selanjutnya bila anda ingin menggunakan peta yang telah diunduh anda cukup membuka aplikasi google maps dan pilih rute yang anda telah unduh tadi. Jadi anda tak perlu khawatir lagi bila H panda tiba-tiba hilang koneksi jaringannya.

Oh iya sebagai catatan peta offline ini tidak akan menampilkan kemacetan yang terjadi pada saat itu ya atau peristiwa realtime yang terjadi pada anda menuju rute yang akan anda tuju.
Tapi tenang walaupun anda tidak bisa melihat kondisi jalan atau rute secara realtime, anda tetap bisa memperbarui peta anda ketika H panda terkoneksi dengan wifi.

Semoga bermanfaat ya informasi yang diberikan, jangan lupa dishare.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel